Tribratanews Polres Jember : Polisi dari Jajaran Kepolisian Sektor Arjasa Polres Jember Bersama Pihak terkait melakukan sosialisasi dengan memberi imbauan terhadap pedagang dan pengunjung pasar tradisional tentang cara hidup sehat guna mencegah  virus corona (Covid-19), Sabtu Siang (14/3/2020).

Beragam cara sosialisasi, baik menyampaikan himbauan secara langsung, pemasangan striker maupun pembagian brosur. Upaya ini digelar  sebagai langkah pencegahan dini penyebaran Virus Covid 19 dengan melakukan blusukan ke tempat keramaian seperti pasar tradisional, terminal, obyek wisata hotel rembangan hingga ke Sekolah dan Pesantren di Wilayah Kecamatan Arjasa, Jember.

 

Kapolsek Arjasa AKP. Eko Basuki, SH menuturkan bahwa pedagang pasar kebanyakan bersentuhan langsung dengan orang lain saat transaksi jual-beli, sehingga perlu mengantisipasi dengan cara hidup sehat, cegah dini virus corona.

” Pastikan secara berkala bahwa tangan tetap bersih. Jika terindikasi kotor, maka gosokkan tangan dengan alkohol atau cuci tangan dengan sabun dan air. Hal tersebut dapat menghapus virus jika terdapat di tangan. Tetap menjaga kebersihan tempat lapak dagangan dan anggota badan seperti tangan, jangan lupa dicuci ya “, Ucapnya saat menyampaikan himbauan di Pasar Arjasa.

” Jaga jarak interaksi sosial. Setidaknya, harus terdapat jarak satu meter dengan orang yang tengah menderita bersin, batuk, dan demam. Bagi yang batuk dan bersin, harus ditutup agar tidak menyebar. Gunakan masker medis, hal itu penting guna menjaga percikan virus yang dapat dengan mudah terhirup saat bernafas”, Lanjutnya.

“Sedulur semua disini kami minta agar menghindari bersentuhan dengan mata, hidung, dan mulut. Karenanya, jika merasa diri demam, batuk, ataupun sulit bernafas, segera cek kesehatan”, tegasnya.

Sembari memberi imbauan tentang antisipasi virus corona, anggota polisi lainnya melaksanakan kerja bhakti lingkungan di sekitar Mapolsek Arjasa yang berdekatan dengan Pasar Tradisional dengan memungut sampah untuk segera dibakar.

Selain itu, menurut Kapolsek Arjasa pihaknya juga akan melakukan koordinasi dan menghimbau kepada pihak pengelola pusat keramaian, perkantoran swasta dan tempat pelayanan publik lainnya untuk menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun cair /anti septik di pintu masuk gedung atau masuk kantor.

” Sementara itu untuk di Kantor Mapolsek sendiri, di Unit Pelayanan SPKT maupun Unit Reserse Kriminal juga akan Kami berikan tempat cuci tangan”, Pungkasnya. (Humas Arjasa)