Polresjember.idJEMBER, Hari Pahlawan merupakan momentum bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Di Kabupaten Jember kegiatan peringatan Hari Pahlawan dikemas dalam bentuk Upacara, baik Upacara Ziarah ke Taman Makam Pahlawan maupun Upacara Bendera di Balai Kota dilaksanakan di seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia. Upacara tersebut dimaksudkan untuk mengenang jasa para pahlawan yg berjuang untuk mencapai kemerdekaan dan sekaligus untuk mengingatkan fakta sejarah kepada generasi yang saat ini mulai lupa dan terkikis dengan budaya asing yang tidak sesuai dengan kearifan lokal.‎

Untuk kegiatan Upacara di Kab. Jember sendiri dihadiri oleh Waka Polres Jember Kompol Edo Satya Kentriko, SH, SIK, MH, Wakil Bupati Jember Muqit Arief, Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni, dan Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto. Selain itu, kegiatan tersebut juga diikuti oleh sekitar 100 peserta upacara yang terdiri dari anggota TNI, Polri, Satpol PP, dan PNS di lingkungan Pemkab Jember. Jumat (10/11/2017)

Kesibukan persiapan upacara Hari Pahlawan tersebut sudah tampak sejak pukul 05.00 WIB. Upacara dimulai pukul 06.00 WIB, ditandai dengan hadirnya rombongan Forkopimda Kabupaten Jember secara bersamaan.Usai menggelar upacara, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan ziarah sekaligus tabur bunga di makam pahlawan serta berfoto bersama. Sebelum meninggalkan lokasi upacara, Waka Polres Jember Kompol Edo Satya Kentriko, SH, SIK, MH berpesan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga Bangsa Indonesia bersama.