Tribratanews Jember : Salah satu wujud kemitraan kerja antara Kepolisian Resort Jember dengan pengguna Jasa Satuan Pengamanan ( satpam ) adalah kegiatan pembinaan dan pelatihan personil Satpam yang dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Dengan kemitraan yang solid kedua belah pihak diharapkan  keamanan perusahaan dan lingkungan sekitar semakin kondusif. Untuk itu, Profesionalisme Satpam yang terus ditingkatkan agar aset masyarakat semakin terjamin.

 

Pelatihan Garda Pratama Wilayah Polda Jatim dilaksanakan oleh Satuan Binmas Polres Jember . Diklat Garda Pratama pelatihan dasar bagi anggota / calon Anggota Satpam di Kabupaten Jember di pimpin oleh Kasat Binmas AKP. Viebe Panomban. Kegiatan Diklat Satpam berlangsung selama 11 hari terhitung sejak tanggal 07 juli s/d 18 Juli 2019 yang digelar di Balai Diklat KKB jember, Jl. Kalimantan No. 22 Jember.

“ Pelatihan Garda Pratama memiliki konsep dan metode pembelajaran yang disusun dengan kurikulum pembelajaran yang sangat tepat bagi peserta Diklat yang disertai dengan sarana dan prasarana belajar yang cukup memadai,” Kata Kasat Binmas saat ditemui di lokasi kegiatan Diklat.

“ Kegiatan pelatihan ini dilakukan oleh Para Intruktur yang berdedikasi, praktisi berpengalaman dibidangnya juga oleh Perwira Polri. Kami menugaskan Kanit Binkamsa Binmas Aiptu. Juliadi sebagai pelatih, Kanit Binpolmas Aiptu, Purnama sebagai Gadik dan 1 Orang Anggota Pelatih dan Koordinator Pelatih. Sementara itu untuk peserta Diklat tercatat 100 Orang Anggota dan Calon Anggota Satpam, Imbuhnya.”

“Kewajiban kita adalah mewaspadai gejala-gejala yang menyebabkan kerawanan. Petugas Satpam boleh memeriksa siapapun yang dicurigai. Jangan sampai petugas lengah sehingga di lingkungan kita terjadi tindak kejahatan, terorisme, maupun tindakan lain yang menimbulkan kerugian bagi masyarakat”.

Lebih lanjut Kasat Binmas Polres Jember menegaskan bahwa Kepolisian mempunyai komitmen untuk memberikan tindakan keamanan secara cepat. “Kami akan segera hadir ke lokasi maksimal 15 menit. Oleh karena itu segera hubungi Kepolisian jika terjadi tindakan yang tidak diinginkan. Satpam setidaknya mempunyai dua tugas utama, pertama membantu pengamanan perusahaan tempat bekerja, yang kedua membantu kepolisian menciptakan keamanan lingkungan.

Kegiatan pembinaan dan pelatihan yang dilaksanakan meliputi pengarahan fungsi dan tugas, peningkatan keterampilan, peraturan Perdaspol, Beladiri Polri, Dasar penggunaan tongkat, Dasar Penggunaan Borgol, Dalmas, Penggunaan APPAR, Pengenalan Handak, Etika profesi, Narkoba, Inter personal skill, HAM, TP TKP, Kapdah, Kapita selekta, Kepolisian terbatas, Psikologi massa, Pengaturan Lalu lintas, Patroli dan Penjagaan.

Dengan terselenggaranya diklat Satpam ini bertujuan untuk membantu Tugas Polri Yang salah satu sebagai pengemban Fungsi keamanan. Polri menyadari bahwa Polri tidak mungkin bekerja sendiri dalam mengemban fungsi keamanan , dengan diadakan pendidikan dan pelatihan Satpam satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha akan membatu tugas dari kepolisian dalam melakukan keamanan fisik (physical security) sebagai penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya. ( Hadi Humas )