Polres Jember News : Salah satu tugas kepolisian adalah membina masyarakat agar sadar hukum dan taat terhadap hukum serta perundang undangan sebagaimana diamanatkan dalam UU RI nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam pelaksanaan tugas kepolisian sehari hari,selain selalu bersinergi dengan masyarakat, juga dibantu oleh bentuk bentuk pengamanan swakarsa seperti satuan pengamanan (satpam).

Seperti yang dilakukan oleh personil polsek sempolan dibawah kendali kanit binmas Ipda Sugeng romdoni SH,siang tadi memberikan pelatihan kepada satpam dan keamanan perkebunan di lapangan tenis PTPN XII Silosanen.

“Kegiatan ini dilaksanakan agar satpam memahami peraturan dasar baris berbaris,serta dapat membantu tugas tugas kepolisian,karena satpam adalah perpanjangan tugas kepolisian dalam mencegah gangguan keamanan di lingkungan kerjanya,” ujar Kasi Humas Polsek Sempolan, Polres Jember, Aiptu Yudi Triyanto, Jumat, (11/5/2018).

Selain pelatihan dasar baris berbaris, juga diajarkan kemampuan bela diri polri,dan juga pelatihan ilmu kepolisian terbatas seperti mengamankan pelaku saat tertangkap tangan, serta cara menjaga dan melindungi TKP.

“Dengan adanya pelatihan yang diberikan tersebut,diharapkan satpam dan keamanan kebun kedisiplinnya semakin meningkat,terutama disaat melaksanakan tugas di lingkungan kerjanya,” imbuhnya. (yudi/red).