Polresjember.id : JEMBER Kepolisian Resort Jember telah bertindak sesuai Standar Operasional Prosedur saat menertibkan aksi penyampaian aspirasi yang digelar oleh kelompok yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Peduli Bangsa di Bundaran Depan Kantor DPRD Jember, Selasa pagi (10/09/2019).

Dalam Aksi ini, Korlap Saudara Arif Wicaksono mengikutsertakan 50 Orang dengan membawa atribut, bendera aliansi, poster dan spanduk. Sebelum ditertibkan Polisi, mereka berorasi menyampaikan pendapat di muka umum menggunakan Sound system diatas mobil pick up yang sudah disiapkan oleh Korlap.

Kasat Intelkam Polres Jember Iptu. Agus Setiyono, S.H menerangkan pihaknya melakukan penertiban aksi tersebut telah sesuai dengan Undang – Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Tata cara Penyelenggaraan, Pengamanan dan Penanganan Perkara Penyampaian Pendapat di Muka Umum.

” Ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi pengunjukrasa dalam menyampaikan pendapat di muka umum. Kewajiban itu diantaranya menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain, menghormati aturan moral yang diakui umum, mentaati hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan, menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban umum, Tuturnya “.

Lebih lanjut, Kasat Intelkam menegaskan bahwa tujuan penertiban aksi ini untuk mewujudkan kebebasan yang bertanggungjawab, mewujudkan perlindungan hukum yang konsisten, mewujudkan iklim kamtibmas yang kondusif serta menempatkan tanggungjawab sosial tanpa mengabaikan kepentingan perorangan atau kelompok.

” Saat ini Korlap aksi sedang dimintai keterangan pihak kepolisian terkait motif – motif acara tersebut, tutupnya”. (Humas Res Jember)