PolresJember.id : Tim Supervisi Pusat Penelitian dan Pengembangan ( Puslitbang ) Polri berkunjung ke Mapolres Jember terkait agenda melakukan kajian dan analisis tentang penelitian efektifitas SPKT dalam Layanan Kepolisian  di wilayah Polda Jatim  dan Jajarannya

Kegiatan Penelitian dipimpin oleh KBP Drs. Pratikno sebagai Ketua Tim Penelitian bersama dengan Dr. Vita Mayastinasari, S.E, M.Si selaku Konsultan dari STIk PTIK berikut 2 anggota tim yaitu   Pembina Dwi Irawati, S.S dan IPTU Reo Anggar Prabowo, ST.

Kegiatan Tim Puslitbang Polri dilaksanakan dalam bentuk observasi, wawancara, pengumpulan dokumen dan Forum Group Discusion ( FGD ) bersama – sama para Kabag, Kasatfung, Ka SPKT dan Operator pelayanan masyarakat. Acara ini digelar di Aula Rupatama Mapolres Jember. Rabu ( 11/09/2019 )

Wakapolres Jember Kompol. Bagus Ikhwan.C., S.I.K, M.H yang mewakili Kapolres dalam kata sambutan menyatakan harapannya bahwa meskipun Polres Jember telah mendapat Predikat WBK WBBM namun demikian bahan kajian dan penelitian Tim Puslitbang Polri dapat memberikan kontribusi positif  baik dalam upaya mengembangkan spirit yang sama untuk  melakukan perbaikan – perbaikan terhadap fungsi – sungsi dalam pelayanan masyarakat yang terus di optimalkan melalui SPKT.

Hal senada juga dikatakan oleh Konsultan Akademisi Ibu DR. Vita Mayastinasari, S.E, M.Si jika kajian dan analisis ini bersumber dari bahan- bahan masukan dari pelaksana tugas dilapangan. Beragam saran dan masukan menjadi input penting bagi upaya melakukan perbaikan mutu kualitas pelayanan Kepolisian khususnya di SPKT. “ Terima kasih atas spirit dari rekan- rekan kerja Polres Jember pada hari ini, Ujarnya “

Sementara itu Ketua Tim Puslitbang Polri KBP. Praktikno mengatakan bahwa penelitian di Wilayah Polda Jatim dan Jajarannya sedianya akan dilaksanakan dalam pekan ini dan dilakukan di 5 Polres yang akan diambil sample bahan analisis dan kajian tim yaitu  Polres Pasuruan, Polres Jember,Polres  Lumajang,Polres Malang dan  Polres Malang Kota.

“ Output dari penelitian ini adalah untuk menentukan  Struktur organisasi SPKT yang tepat, rincian dan penjabaran HTCK antara Kasatwil, Karo/Kabag Ops, SPKT, Piket Fungsi dan Command Center serta mempunyai desain struktur SPKT yang mempunyai gugus rentang kendali yg sederhana namun berdaya guna tinggi, pungkasnya “. ( Red. Hadi – Humas Res Jember )