Upaya pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19 tidak hanya dilakukan tingkat kabupaten. Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Semboro juga kian gencar- gencarnya menyosialisasikan pencegahan penyebaran virus corona, Sabtu ( 22/3/2020 ).

Kegiatan sosialisasi tersebut melibatkan semua unsur di Kecamatan Semboro di antaranya Polsek Semboro, Koramil Semboro, Puskesmas Semboro dan juga para pelajar. Rute sosialisasi dengan menggunakan mobil pengeras suara itu dimulai dari Mapolsek Semboro menuju ke pusat keramian yaitu pasar Semboro.

Kapolsek Semboro IPTU FACTHUR RAHMAN. SH mengatakan untuk pencegahan lebih maksimal kami melakukan sosialisasi dan membagi brosur cara pencegahannya dan ciri-ciri orang yang terkenak virus Corona, serta mengimbau agar masyarakat perlu mengenali gejala-gejala klinis virus corona dan upaya pencegahannya, mewaspadai orang yang baru datang dari daerah lain, serta mengurangi kontak langsung di tempat umum dan melaksanakan aktivitas seperti biasanya.

Menurutnya, cara mencegahnya adalah dengan menjaga kebugaran tubuh melaui gerakan masyarakat hidup Sehat (GERMAS), serta asupan makan dengan gizi yang seimbang serta istirahat cukup, jaga kebersihan lingkungan dan gunakan masker saat batuk.

“Mulai sekarang laksanakan pola hidup sehat, dan biasakan cuci tangan,” pesannya.

Dijelaskan, Virus Covid-19 atau Virus Corona merupakan penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang bisa berakibat fatal. Virus ini ditandai dengan demam 38 derajat celsius, batuk, pilek, sakit tenggerokan, lemah lesu dan sesak nafas.

“Bagi masyarakat yang mengalami ciri-ciri seperti itu harap segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau bidan terdekat,” pesannya.