Polresjember.id –  JEMBER, Petugas Polsek Pakusari melakukan upaya mengantisipasi kriminalitas di wilayah Kecamatan Pakusari, Jember. Langkah ini dilakukan dengan patroli jalan kaki ke pemukiman penduduk hingga ke gang-gang sempit.

Dini hari tadi, Kamis (24/08/2017) Personil Polsek Pakusari dipimpin Kanit Patroli Ipda. H. M. Rifai melakukan patroli jalan kaki. Patroli jalan kaki diutamakan di pemukiman padat penduduk yang rawan hingga menyasar ke kawasan yang sepi.

” Gang identik dengan wilayah yang padat penduduknya. Banyak anak-anak yang keluyuran di malam hari. Disini potensi gangguan kamtibmas menjadi sangat rentan dan rawan terhadap timbulnya aksi kejahatan seperti penodongan atau jambret ” Kata Ipda.M. Rifai

Dalam patroli tersebut, Ipda H. Moch Rifa’i bersama 2 Anggotanya melakukan patroli yang bersifat lebih terbuka dan komunikatif untuk menyerap informasi dan masukkan warga sekitar.

” Kegiatan patroli ini bertujuan untuk memberikan efek deteren terhadap orang yang memiliki niat berbuat jahat. Dengan adanya patroli jalan kaki ini akan meningkatkan keamanan kamtibmas di sekitar lokasi ” Imbuhnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan dalam patroli jalan kaki ini juga melakukan upaya dialogis dengan tokoh masyarakat dan warga sekitar, agar senantiasa ikut menciptakan situasi yang kondusif terutama partisipasi warga dalam program siaga e – siskamling.

Dalam kondisi apapun, masyarakat harus selalu waspada. Dan bila terjadi sesuatu jangan main hakim sendiri. Serahkan pada aparat yang berwajib,” tandasnya. ( Humas Polsek Pakusari )