polresjember.id – Dikenal sebagai sosok Polisi yang humanis, AKBP. Alfian Nurrizal, S.H, S.I.K, M.Hum menegaskan komitmen di hari pertama kinerjanya untuk meningkatkan soliditas internal yang dinilai out putnya meningkatkan kepercayaan publik terhadap Institusi Kepolisian.

Oleh karenanya, standart kinerja dengan prinsip transparansi dan kepedulian terhadap akuntabilitas publik ditekankan harus dimiliki oleh setiap Personil Polres Jember. Mengingat, merengkuh harapan dan kepercayaan masyarakat adalah properti utama untuk menumbuhkan “Value terhadap kinerja Jajaran Polres Jember di ruang publik.

Komitmen ini diterangkannya saat hadir menyapa selama 1 Jam bersama Personil Humas Polres Jember. Sebagai Leadership pekerja seni pengelola kamtibmas di Kabupaten Jember, Alumni Akpol Tahun 2000 ini berharap dalam upaya pemeliharaan kamtibmas dituntut pula penyesuaian. Penyesuaian mendasar yang harus dilakukan adalah penyesuaian paradigma perpolisian yakni kedekatan antara aparat dan Masyarakat di Lingkungan sosial . Ini berarti Jajarannya hadir untuk mengabdi benar benar kepada masyarakat, Menjadi Polisi humanis yang peka dan adaptif terhadap perubahan dan perkembangan yang berkaitan isu-isu sosial“ Sense Of Crisis “ yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Disadarinya bahwa semakin terbukanya era globalisasi, mengakibatkan semua aspek kehidupan harus dipersiapkan untuk bersaing dalam globalisasi tersebut. Dengan kondisi seperti ini, diprediksi bahwa isu-isu permasalahan sosial akan berkembang dan bervariasi yang terjadi karena benturan kepentingan diantara aspek kehidupan manusia , tentunya hal ini bisa berdampak pada stabilitas situasi kamtibmas.
Akar-akar dan sumber potensial kejahatan dan ketidak tertiban mengendap disetiap sisi perkembangan isu isu permasalahan social yang terjadi di kehidupan masyarakat. Potensi gangguan ini sewaktu-waktu akan menjelma menjadi peristiwa gangguan kamtibmas bilamana berinteraksi dengan faktor-faktor pencetus lainnya.

Baiknya, pekerja kamtibmas harus bisa “ Membumi “ dalam mengelola harapan masyarakat melalui pendekatan di lingkungan sosialnya.
Membumikannya, mengajak sekitar untuk turut “merasakan” kehadiran Abdi Bhayangkara sebagai representasi Negara dalam bentuk kepedulian rasa solidaritas dan kesetiakawanan sosial . Dengan demikian, anggota Polres Jember akan menjadi semakin membaur dengan kepentingan masyarakat umum. Kehadiran Polisi bukan hanya sekedar melayani namun juga hadir mengatasi masalah sosial dengan memberikan berbagai alternatif solusi.

Membumikan semangat Abdi Bhayangkara melalui kegiatan kegiatan social ( Red. Human Interest), secara tidak langsung namun pasti bisa menuai hasil didalam merengkuh simpati publik dan apresiasi masyarakat (Public trust). Disisi lain, strategi mengelola kamtibmas dengan mereduksi akar-akar potensial kejahatan dan ketidaktertiban sosial didalam suatu kampanye program crime prevention, melalui inisiatif pendekatan sosial adalah program intrument yang indah.

” Saya berharap dalam beberapa hari ke depan saya ingin melihat anggota yang peduli dan aktif mengambil peran dan melakukan inisiatif dalam kegiatan – kegiatan sosial, tuturnya di Ruang Kerja Kapolres Jember, Kamis Siang (25/09/2019).

Tidak semata hanya melaksanakan tugas rutin, tapi juga memiliki upaya untuk mengatasi berbagai persoalan sosial yang dapat memicu terjadinya gangguan kamtibmas dimana upaya pencegahan kejahatan yang bersifat represif ditempatkan sebagai upaya terakhir. Upaya preemtif melalui pendekatan social dengan menciptakan terobosan -terobosan kreatif juga perlu di lakukan.

Inisiatif kreatif dengan mencetuskan banyak gagasan terkait program – program kerja yang bersentuhan langsung dengan kegiatan sosial. Role model Polisi Humanis bisa diterapkan dalam bagian aktifitas kegiatan sosial. Mengarahkan Role model ini untuk menggugah philantropi berbasis religi guna menumbuhkan solidaritas dan kesetiakawanan sosial untuk saling berbagi sebagai langkah untuk jangka panjang “ Investasi Sosial “. Mengusahakan meningkatkan filantropi individu ke arah kepentingan organisasi akan menjadi salah satu terobosan dengan pola filantrophy for social justice.

Tetaplah menjadi Polisi yang baik senantiasa Berprestasi dan berbagi. Tetaplah Menjadi Manusia, Mengerti Manusia Dan Memanusiakan manusia, karena Tuhan sangat memuliakan manusia.

(Suport By. Kapolres Jember AKBP. Alfian Nurrizal, S.H, S.I.K, M. Hum).

Editor dan Redaksi : Hadi _ Humas Polres Jember.