Polresjember.idJEMBER, Guna mencegah adanya Berita Hoax di masyarakat, Kanit Binmas, Ipda H. Moch Rifai, yang di dampingi Kanit Reskrim Aiptu Sony Suprapto, Polsek Pakusari melakukan Giat sosialisasi tentang penyebaran Berita Hoax atau Hoaxs.

Kegiatan ini di laksanakan di Ruang kerja pertokoan Koperasi Makmur Jaya, di Dusun Krajan Desa Kertosari, yang di ikuti oleh 20 Orang karyawan toko pertanian.

Dalam Giat ini, Kanit Binmas Polsek Pakusari, Berharap, agar masyarakat, lebih bijak dalam penggunaan Medsos, Serta peka dalam menanggapi penyebaran berita di Medsos. Disadari atau tidak Juga bisa kena, Karena di anggap turut mendistribusikan kabar maupun berita bohong.

“Untuk itu, kami berharap kepada masyarakat, agar selalu bijak menggunakan Medsos, agar jangan sampai dengan sengaja, menyebarkan Berita Bohong (Hoax),” ujarnya, Kamis, (15/3/2018).

Moch Rifai, menjelaskan bahwa pelaku penyebar Hoax, bisa di jerat dengan pasal 28 ayat 1 Undang undang No.11 tahun 2008, tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Yang mana dalam Pasal ini, disebutkan, Setiap Orang yang dengan Sengaja dan atau tanpa Hak, menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, dapat di kenakan Pidana maksimal 6 tahun, dan Denda maksimal Rp 1 miliar. (Ing/red)