Kejahatan bukan karena ada niat, tapi karena ada kesempatan, mungkin ini yang bisa digambarkan pada Larasaty (36) warga Dusun Krajan Kulon Desa Paleran Umbulsari Jember, pelaku pencurian HP milik Sinta Alfi Rosyida (19) Mahasiswi IAIN Jember asal Tamanagung Cluring Banyuwangi, yang diambil pelaku saat korban menunaikan Sholat Dhuhur di masjid kampus.

“Aksi pelaku saat mengutil Tas berisi HP salah satu mahasiswi di kampus ini terjadi selasa lalu dan terekam CCTV, dengan modal rekaman CCTV itulah pelaku bisa kami amankan dari rumahnya di Paleran Umbulsari Jember,” ujar Kapolsek Kaliwates AKP. Supadi, SH, Sabtu (10/3/2018)

Informasi yang berhasil dihimpun, aksi yang dilakukan pelaku pada Selasa 6 Maret lalu di masjid kampus IAIN Jember ini terekam CCTV, dimana pelaku saat datang ke masjid kampus saat banyak mahasiswi yang sedang menunaikan sholat dhuhur, usai pelaku mengambil tas warna putih milik korban, dimana didalamnya terdapat HP Oppo F1S warna emas, pelaku meninggalkan lokasi kampus dengan menggunakan sepeda motor Vairo Merah Nopol P 4154 KC.

Dari penyelidikan, polisi menemukan alamat pemilik sepeda motor, dimana pemiliknya atas nama Heri warga Balung Kulon Kecamatan Balung Jember, selanjutnya polisi mendatangi rumah Heri, dari sini diketahui jika pada saat kejadian sepeda motornya di pinjam oleh saudaranya yang bernama Larasaty asal Paleran.

“Berdasarkan penyelidikan pelaku meminjam sepeda motor saudaranya, selanjutnya petugas kami menjemput pelaku dirumahnya, dan ditemukan HP dan tas milik korban, sehingga pelaku tidak bisa mengelak,” tambah Kapolsek.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan dalam Pasal 362 KUHP tindak pidana pencurian, dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan 1 (satu) buah Handphone Merk OPPO F1 S warna emas, 1 (satu) buah tas warna putih dan 1 (satu) unit sepeda motor merk honda vario warna merah Nopol P-4154-KC Tahun 2016 yang digunakan pelaku dalam menjalankan aksinya. (rus/red)