Tribratanews Polres Jember : Tak saja berkutat pada pelayanan masyarakat dan penegakan hukum serta pengungkapan berbagai tindak kriminal, Kepolisian Sektor Arjasa Polres Jember ternyata juga peduli dengan keberadaan benda-benda pra sejarah.

Dalam upaya preventif guna menjaga keamanan wilayah Kecamatan Arjasa. Kali ini, Patroli Dialogis Jajaran Polsek Arjasa menyasar di lokasi tempat Pelestarian benda – benda pra sejarah megalitikum di Situs Menhir Duplang Desa Kamal Kecamatan Arjasa, Jember.

” Situs Duplang merupakan benda peninggalan zaman pra sejarah yang ada di Kabupaten Jember. Uniknya, benda benda ini hanya di temukan disini  dan sebagian lagi ada di Kabupaten Bondowoso. Lainnya tidak ada”, Ucap Joko, Petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya Pemprov Jatim.

“Batu Kenong fungsinya banyak. Ada digunakan untuk penahan gempa, pal batas dan oleh sebagian warga dipakai untuk batu nisan”, Lanjutnya.

Menurut Joko, pihaknya sudah melakukan sosialisasi tentang fungsi dan perlindungan terhadap benda Cagar Budaya . ” Harapan Kami kedepannya masyarakat lebih peduli untuk menjaga dan melindungi aset benda Cagar Budaya disini”, tandasnya

Sementara itu, Kapolsek Arjasa AKP. Eko Basuki, SH menyatakan bahwa keberadaan Polri merupakan bagian dari sejarah negeri ini. ” Maka dari itu kita yang berada dibagian sejarah itu harus juga memahami pentingnya peduli dan  menghargai nilai sejarah dan Cagar budaya dengan upaya melestarikan dan melindungi bersama keberadaan situs Duplang yang ada di wilayah Polsek Arjasa”, tuturnya.

Kapolsek juga menambahkan, pihaknya juga telah menghimbau kepada juru pelihara Situs Duplang agar segera melapor pada pihak Kepolisian bila ada potensi gangguan kamtibmas yang terjadi di area situs demi menjaga keamanan situs dari oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab. (Humas Arjasa).