Polres Jember News : Guna memastikan Perayaan Natal di Kabupaten Jember berjalan lancar dan aman. Kepolisian Resort Jember melaksanakan kegiatan sterilisasi atau pengamanan gereja yang ada di Jember.

“Di Jember ada 73 Gereja yang dipergunakan misa natal, yang melibatkan ribuan jemaat nasrani, agar pelaksanaan dapat berjalan dengan aman ” ujar Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo, S.H, S.I.K, M.H saat memimpin berlangsungnya kegiatan pengamanan, Senin Siang (24/12/2018).

Polres Jember menurunkan Tim Jibom Gegana Brimob Bondowoso untuk melakukan sterilisasi di gereja- gereja yang menggelar missa natal.

Empat gereja itu yakni Gereja Katolik Santo Yusuf, Jalan RA Kartini, Kecamatan Kaliwates Gereja GPIB GETSMANI, Jalan PB. Sudirman, Kecamatan Patrang; Gereja GKJW, Jalan Karimata, Kecamatan Sumbersari, Gereja HKBP, Jalan Karimata Gang Gereja Gunung Batu Kecamatan Sumbersari.

Sterilisasi ini dilaksanakan untuk memastikan perayaan Natal bisa berjalan lancar dan tidak ada gangguan teror ataupun yang lainnya. Petugas menyisir seluruh ruangan menggunakan alat pendeteksi logam.

Tak hanya ruangan peribadatan saja yang periksa, tetapi halaman gereja, sudut – sudut gedung, almari, tempat penyimpanan barang yang ada dalam ruangan tak luput dari pemeriksaan Tim gegana. Polisi juga melakukan pengecekan pada saklar-saklar lampu dengan cara menghidupkan dan mematikan beberapa kali.

Kanit Jibom Gegana, Ipda. Agus, di bawah kendali Jajaran Polres Jember mengatakan, pengecekan skalar lampu tersebut bertujuan untuk mengecek apakah ada benda asing yang disisipkan pada jalur-jalur listrik. “Itu berkaitan dengan benda yang kita curigai yang dapat disisipkan pada jalur listrik, karena dari sumber listrik tersebut ada powernya, ujarnya ditemui usai kegiatan sterilisasi.

Dia menjelaskan selama pemeriksaan tidak ditemukan benda mencurigakan, atau mengamankan benda lainnya. “Kita tidak menemukan barang mencurigakan, termasuk handak ataupun bom, Imbuhnya “.

Sementara itu Pejabat utama dari Polda Jatim Kombes.Arnapi yang diterjunkan ke kesatuan kewilayahan, Jember dan Lumajang untuk melakukan monitoring terkait pola-pola pengamanan yang dilakukan oleh Polres-Polres di wilayah Jawa Timur. Pihaknya mengapresiasi langkah-langkah pengamanan yang dilakukan Polres Jember.

“Persiapan pengamanan menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2019 yang dilakukan Polres Jember sudah sesuai dengan yang diprogramkan Polda Jatim, terangnya ”

Kabidkum Polda Jatim selaku pamatwil menghimbau kepada umat nasrani pada saat ke gereja nantinya agar tidak membawa barang yang berlebihan seperti tas yang besar, “Apabila terpaksa membawa tas yang besar agar dititipkan pada petugas keamanan yang ada di sana,”pungkasnya. ( Hadi -Humas )