Humas Polres Jember : Masa kepemimpinan AKBP. Kusworo Wibowo, S.H, S.IK, MH sebagai Kapolres Jember menuai apresiasi banyak pihak. Harus diakui tidak sedikit keberhasilan yang telah ditorehkannya sejak menerima amanah tongkat komando. Kepercayaan ini ditunaikan dengan modal komitmen kuat dan pertanggungjawaban yang tinggi untuk menggapai sebuah catatan reputasi karena prestasi.

Berangkat dari sentuhan tangan dinginnya saat meniti awal karir perjalanan menjabat Kapolres sehingga mampu mengantarkan Kepolisian Resort Jember mendapat penghargaan bergengsi sebagai lembaga publik yang berpredikat wilayah bersih dan bebas melayani.

Predikat ini diperoleh berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi yang dititikberatkan pada aspek keberhasilan meningkatkan kualitas dan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat.

Satu lagi penghargaan yang diperoleh Kepolisian Resort Jember dipenghujung tahun 2017. Dibawah kepemimpinan AKBP Kusworo Wibowo, Polres Jember menerima penghargaan berupa Suara Rakyat Award 2017 dari Radio Prosalina FM. (09/12/2017)

Penghargaan ini diberikan bertepatan dengan Ulang Tahun Radio Prosalina yang ke-28 tahun. Penilaian ini berdasarkan suara masyarakat yang dihimpun melalui Suara Rakyat sepanjang tahun 2017.

Kapolres Jember mengaku sangat tersanjung dengan apresiasi positif yang diberikan masyarakat, utamanya terkait kinerja pelayanan Polres Jember, dan ini menjadi motivasi sekaligus tantangan untuk terus menjaga kepercayaan masyarakat Jember.

Berbagai program dalam kerangka yang sistematis juga diterapkannya di dalam merancang program kerja kegiatan-kegiatan pendekatan kepada masyarakat di Jember yang bertujuan demi meningkatkan kepercayaan publik sebagai upaya mendorong akselerasi program promoter yang digulirkan oleh Kapolri dan Kapolda Jatim.

Disisi lain, dimasa Kepemimpinannya ada agenda penting pengamanan VVIP yaitu disaat menerima kunjungan kerja Kepala Kepolisian RI dalam rangka Penutupan Napak Tilas Mahasiswa PTIK- STIK ke 74 di Bumi Monumen Palagan Jumerto Kabupaten Jember . (19/02/2018)

Agenda Pengamanan besar berikutnya adalah Kunjungan kerja Presiden RI dan rombongan. Disadari bahwa menjamin keamanan Pejabat VVIP beserta rombongannya merupakan tanggung jawab bersama karena keselamatan Pejabat tinggi negara adalah harga diri dan kehormatan bangsa dimana beliau berada dan beraktifitas.

Kapolres Jember mengatakan pengamanan Kunjungan Presiden adalah mutlak dan tidak dapat ditawar – tawar. Sinergi Pengamanan Bersama Jajaran TNI dalam penerapan operasi pengamanan VVIP perlu dikolaborasikan agar dapat berjalan Optimal.

Dalam Pengamanan VVIP ini, Polres Jember menyiapkan kekuatan penuh satuan tugas pengamanan baik secara organisasi, kesiapan personil, materil, sarana dan prasarana lainnya. Setidaknya 1300 Personil Polri diterjunkan dari 3800 kekuatan personil pengamanan gabungan yang dilibatkan. (13/08/2017)

Kunjungan perdana Presiden RI di Jember harus dapat dipastikan berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Disamping memberikan kenyamanan dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja Presiden, Pengamanan yang dilakukan juga barus menunjukan kesan jika Jajaran TNI Polri di Jember mampu bekerja secara Profesional.

Bukan hanya itu saja, ujian kembali datang. Kapolres Jember harus bekerja lebih ektra waspada ketika dihadapkan persoalan kerawanan terjadinya bentrokan antara dua kelompok besar, PSHT dengan Massa Bonek buntut peristiwa pengroyokan 2 anggota Perguruan PSHT oleh suporter bola di surabaya yang berakibat adanya korban jiwa.

Bentrok diprediksi sangat rentan kembali terjadi saat ribuan suporter Bonek berdatangan ke Stadion JSG Jember untuk menyaksikan pertandingan laga sepak bola antara Persebaya Vs Persigo.

Tak mau kecolongan Kapolres Jember mempimpin langsung pengamanan. 1500 Kekuatan Personil gabungan diturunkan mengamankan jalannya pertandingan. Bahkan waktu itu, ditengah ribuan massa bonek yang memadati stadion, Kapolres Jember tampil didepan meredam situasi sekaligus menyampaikan himbauan meminta mereka agar mematuhi petunjuk keamanan dari Pihak Kepolisian. (04/10/2017)

Pengawalan melekat aparat keamanan terhadap Suporter bonek dilakukan untuk meminimalisir ruang pergerakan mereka diluar lapangan guna menghindari bentrok susulan terjadi di Wilayah Hukum Polres Jember. Akhirnya dengan Pengamanan yang dilaksanakan secara all out dan ektra ketat berhasil mengendalikan situasi sehingga dapat berlangsung dengan tertib, aman dan kondusif.

Sukses kepemimpinannya didalam membangun zona integritas, tidak membuat jebolan Akpol Tahun 2000 ini berpuas diri. Keberhasilan yang ditorehkan dalam tahun 2017, terus mengalirkan dorongan arus untuk menyelesaikan tantangan tugas yang lebih berat lagi sebagai pekerja seni pengelola kamtibmas di Kabupaten Jember. Salah satu agenda kamtibmas tahun 2018 yaitu harus mampu menjawab tantangan moment urgent digelarnya Pengamanan Pilkada serentak.

Pengamanan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Jawatimur Tahun 2018 menjadi pelecut semangat Kapolres Jember untuk tetap menjaga stabilitas kamtibmas di Kabupaten Jember. Pemetaan potensi kerawanan tentunya menjadi landasan didalam merumuskan langkah – langkah strategis agar pelaksanaan tahapan- tahapan Pilkada serentak di Jember dapat berjalan aman, lancar dan damai.

Catatan prestasi yang gemilang justru tak membuat mengendorkan upaya Polres Jember untuk menerapkan sistem pengamanan yang terbaik demi kesuksesan berlangsungnya Pilkada serentak di Jember.

Detik detik titik tolak kesiapsiagaan Kesatuan Polres Jember dalam menghadapi hajat besar mengawal jalannya pesta demokrasi ini ditunjukkan dengan mengoptimalkan pelaksanaan gelar pasukan Operasi Mantap Praja 2018, latihan sispamkota dan simulasi penanganan situasi kontijensi . Tak tanggung tanggung acara simulasi ini dibuat seolah menggambarkan segala bentuk kesiapsiagaan jajarannya didalam menghadapi situasi terburuk pada penyelengaraan Pilgub Jatim 2018. Kamis (08/02/2018).

Sementara itu Kapolres Jember sejak awal menekankan kepada Jajarannya agar selalu mengantisipasi potensi kerawanan terjadinya gesekan dan konflik sosial pada setiap pentahapan Pilkada.

Riak Riak kecil apabila diketahui muncul harus segera ditangani secepatnya agar bisa meredam potensi gangguan sekecil apapun, hal ini harus bisa diselesaikan dengan mengambil langkah-langkah cepat, tepat dan terukur disetiap menganalisa dinamika persoalan yang berkembang guna mencegah isu-isu yang dimungkinkan dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin memperkeruh situasi.

Demikian pula, Pucuk Pimpinan Kepolisian di Jember juga mendorong komitmen bersama dengan Jajaran TNI, Pemkab, KPUD, Panwaslu dan pihak –pihak terkait untuk meningkatkan komunikasi yang sinergis dan intens di lakukan agar dapat dievaluasi pelaksanaannya guna mengetahui sejauh mana kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak di Wilayah Kabupaten Jember.

Langkah –langkah dimulai bersama dan sinergis sejak tahapan pertama. Setiap kali digelar kegiatan baik yang dilakukan Polres Jember maupun yang dilaksanakan bersama dengan instansi lainnya. Polres Jember berupaya terus mengedepankan langkah proaktif preventif untuk menyerukan himbauan pilkada yang aman, damai dan demokratis.

Hal ini tampak disaat usai digelarnya Apel Pergeseran Pasukan Petugas Pam TPS. Deklarasi dan kesepakatan damai bagi masing-masing Tim Sukses pasangan calon pemilihan Gubernur Jatim dan Wakil Gubernur untuk siap menang, siap kalah. Deklarasi dilakukan secara terbuka di Alun –Alun Kota Jember. (25/06/2018).

Deklarasi damai ini dituangkan secara tertulis dalam butir-butir kesepakatan pernyataan bersama dan ditandatangani oleh Tim Sukses kedua pasangan calon dan pihak –pihak terkait di hadapan khalayak umum yang juga bisa menyaksikan dari dekat kegiatan ini.

Beragam kegiatan lainnya juga dilaksanakan Polres Jember demi semakin memantapkan situasi kamtibmas yang prima, seperti : Seminar bersama tokoh masyarakat dan civitas akademika dengan mengundang tokoh agama kondang Ustad Arifin Ilham dari Jakarta, Patroli Bersama TNI Polri, Olahraga Bersama TNI, Polri, Pemkab dan Masyarakat, Menjalin hubungan yang harmonis dan kerjasama dengan para awak media melalui acara talk show, press conference maupun liputan – liputan khusus.

Dari waktu – ke waktu pentahapan pilkada serentak, Kapolres Jember turun langsung memimpin pelaksananaan, pengendalian serta pengawasannya untuk mengamankan jalannya pentahapan pilkada serentak guna memastikan kesiapan rangkaian kegiatan pengamanan menuju hari H Pemungutan suara. Kapolres terus memonitor dari menit ke menit, terkadang Ia lakukan pengecekan langsung terjun ke bawah.

Berkat kerja keras bersama dengan disertai penerapan sistem pengamanan berjenjang yang terkontrol melekat. Sampai pada tahapan pencoblosan dan perhitungan suara, Situasi Kabupaten Jember berlangsung aman dan kondusif. ( Red. Hadi )