Polres Jember News : Merebaknya kabar isu penculikan anak yang mulai kembali menjadi perhatian sebagian masyarakat Kabupaten Jember. Jajaran Kepolisian Resort Jember menugaskan personilnya turun langsung hadir ditengah masyarakat menyampaikan pesan kamtibmas untuk menjawab keresahan dan memberikan ketentraman ditengah lingkungan masyarakat.

Satu diantara upaya pendekatan humanis yang dilakukan Polsek Jajaran dalam mengantisipasi dampak kabar bohong penculikan anak yaitu menggiatkan Polisi sahabat anak.

Kapolsek Umbulsari AKP Sunarto memerintahkan Kasie Humas AIPDA. HERRY.K untuk melaksanakan sosialisasi kamtibmas di lingkungan pendidikan anak usia dini. ” Kehadiran Polisi Sabahat Anak menjadi bagian solusi menyampaikan pesan kamtibmas melalui sosialisasi kepada anak- anak, guru dan wali murid dalam menyikapi isu penculikan anak ” Ujarnya di Mapolsek Umbulsari, Jumat siang (16/11/2018).

Jumat pagi ( 16/11/2018), AIPDA. HERRY .K. sudah hadir melaksanakan kunjungan ke PAUD Anggur 19 Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari, Jember. ” Disini Kami menyampaikan penyuluhan sebagai langkah antisipasi terkait isu penculikan terhadap anak yang heboh belakang ini, warga Kami himbau agar tetap waspada tapi tidak asal percaya kabar hoax dan ikut – ikutan menyebarkannya, Katanya saat dikonfirmasi petugas PPID Humas Polres Jember.

Ditemui usai memberikan sosialisasi, Kasie Humas Polsek Umbulsari mengatakan isu penculikan terhadap anak memang belum terbukti. Namun demikian Kita harus bisa cegah.

”Salah satunya, memberikan pengetahuan kepada siswa didik usia dini mengenali gerak gerik orang yang diduga sebagai pelaku dan mengantisipasi hal tersebut terjadi, imbuhnya.”

Dikatakan Herry, melalui sosialisasi yang dilakukan pihaknya diharapkan anak bisa mengetahui ciri – ciri orang yang tak dikenal dan yang mereka curigai hendak melakukan kejahatan terhadap anak- anak.

”Sosialiasi ini memang sengaja Kami lakukan, yaitu seperti yang saya bilang tadi. Agar anak-anak bisa mengenali gerak gerik orang yang dicurigai. Hal ini sebagai langkah mengantisipasi hal tersebut terjadi di wilayah Kabupaten Jember” Kata Polisi berpangkat Aipda tersebut.

Lebih lanjut , Kapolsek Umbulsari menambahkan bahwa melalui sosialisasi tersebut anak dapat meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, pengawasan anak ketika berada di sekolah juga lebih ditingkatkan oleh pihak sekolah. Begitu juga peran serta orang tua juga sangat penting untuk selalu mengawasi anaknya.

Terpisah, Kepala Sekolah PAUD Anggur, mengaku kegiatan sosialiasi yang dilakukan pihak Kepolisian sangat bermanfaat. Sebab, sikap waspada tidak hanya dari guru saja untuk selalu mengawasi murdinya. Tapi, dari diri murid itu sendiri juga sangat penting.

”Kami sangat berterima kasih, karena melalui kegiatan itu, menambah pengetahuan anak didik. Seperti contoh yang disampaikan pak Polisi tadi pagi, jangan mau untuk mengikuti orang tak dikenal ketika diajak, Anak – anak didik Kami pun sangat antusias mendengarkan sosialiasi yang dilakukan oleh pihak berwajib, pungkasnya. ( Red. Hadi Humas ).