Tribratanews Polres Jember : Kepolisian Sektor Arjasa Polres Jember saat ini rutin turun ke pedesaan menghimbau masyarakat untuk selalu waspada jelang musim hujan tahun 2020. Perubahan cuaca ketika pergantian musim  dengan intensitas curah hujan tinggi disertai angin kencang perlu kiranya dilakukan antisipasi oleh masyarakat Kecamatan Arjasa.

Senin ( 12/10/2020), Kapolsek Arjasa Iptu. Adam,SH bersama anggota Bhabinkamtibmas melakukan kegiatan sambang desa mengunjungi tokoh masyarakat dan perangkat desa yang wilayahnya rawan bencana banjir,tanah longsor dan angin puting beliung.

“ Kami mengajak partisipasi tokoh masyarakat dan perangkat desa untuk bahu membahu bersama turun menghimbau warga desa agar tanggap waspada bencana saat masuk pancaroba”, Ujar Kapolsek.

“ Apabila cuaca hujan dan atau angin kencang agar menghindari atau kurangi aktivitas berada di lokasi rawan bencana. Kemudian apabila saat di perjalanan mengalami cuaca hujan, upayakan berlindung di tempat yang aman dan jangan berlindung di bawah pohon karena rawan akan tumbang dan petir”, imbaunya.

Lebih lanjut, pihaknya meminta warga desa kembali mengiatkan gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan, bersihkan parit, selokan, saluran air dari sampah agar aliran air lancar untuk mencegah genangan air atau banjir dan perkuat dinding tebing dengan menanam pepohonan yang menyerap air dan membuat tembok dengan saluran air untuk menghindari longsor.

“ Polsek Arjasa telah mempersiapkan personilnya untuk merespon cepat dalam aksi tanggap darurat bencana apabila terjadi bencana alam seperti banjir, pohon tumbang dan tanah longsor yang juga bekerjasama dengan instansi terkait untuk membantu dan memberikan pertolongan kepada warga masyarakat Arjasa yang mengalami musibah bencana alam,’tegasnya.

“Apabila masyarakat mengetahui terjadinya bencana alam dapat menghubungi SPKT Polsek Arjasa Call Center di nomor telepon 0331 – 540116. Kami berharap dengan langkah-langkah antisipasi sejak dini masyarakat arjasa terhindar dari musibah dan bencana alam”, pungkasnya. ( Humas Arjasa )