Tribratanews Polres Jember : Guna mencegah penimbunan penjualan pupuk bersubsidi disaat musim tanam seperti saat ini, Kapolsek Arjasa Iptu. Adam, SH, pantau penjual pupuk tersebut di Toko Pertanian ” Pak Suktikno” yang ada di Desa Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Senin (26/10/2020).

Kapolsek Arjasa mengemukakan, tujuan pengecekan langsung ketersediaan stok pupuk tersebut, untuk memberikan himbauan kepada pemilik toko pertanian yang menjual pupuk bersubsidi. ”Kami himbau untuk tidak melakukan penimbunan atau penyelewengan pupuk bersubsidi jatah dari para petani,” jelasnya.

Dikemukakan, pupuk bersubsidi hanya untuk petani yang tergabung dalam kelompok tani. Selama ini kelompok petani sudah didata. ”Untuk para petani sendiri kami himbau tidak perlu khawatir tidak kebagian pupuk. Meski permintaan petani cukup tinggi di musim tanam seperti sekarang ini,” tambahnya.

”Kami juga menugaskan Bhabinkamtibmas untuk melakukan pengawasan dan pengecekan stok pupuk bersubsidi di wilayah masing-masing. Kami mengantisipasi kelangkaan pupuk yang dapat menimbulkan gejolak sosial sehingga berdampak pada situasi kamtibmas,” terang Kapolsek Arjasa.

Para distributor maupun pengecer pupuk diminta untuk memperhatikan dan mematuhi peraturan yang berlaku. Yakni, memenuhi kebutuhan pupuk bagi petani pada musim tanam secara tepat dan benar. ”Jika ada indikasi penyelewengan pupuk, akan kami tindak tegas sesuai aturan hukum,” tandasnya.( Humas Arjasa)