Sembilan desa di kecamatan Silo kabupaten jember kompak membuka Posko pemeriksaan guna mencegah penyebaran covid 19 yang ditempatkan di balai desa masing masing.

seperti yang ada di Desa karangharjo,bersama tiga pilar dan petugas medis,dibantu kasun,ketua RT dan RW bekerja sama membangun posko pemeriksaan di puskesmas pembantu yang berada di Balai desa karangharjo.

“meskipun kegiatan ini dilakukan secara swadaya masyarakat,semoga dengan adanya posko ini menjadi garda terdepan pencegahan dan penanganan Covid 19 di masing masing desa” Ujar bhabinkamtibmas Desa Karangharjo Bripka Dwi cahyo.

tehnis pemeriksaan yang dilakukan di posko covid 19 terbagi menjadi tiga sift jaga, masing masing 8 jam kerja bersama petugas kesehatan dan dibantu perangkat desa baik kasun maupun ketua RT secara bergilir dengan tetap memperhatikan keselamatan diri dengan memakai APD.

“bila ada warga dari luar wilayah yang masuk desa wajib dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.
hal ini penting dilakukan karena sesuai protokol kesehatan bagi warga yang mudik wajib untuk dilakukan pemeriksaan dan salah satunya harus melakukan isolasi diri secara mandiri dirumahnya.” tambah Dwi.// iud