Polres Jember News : Musim penghujan telah tiba. Hal yang sangat dinantikan para petani umumnya, khususnya petani yang ada di wilayah hukum Polsek Umbulsari Jember. Musim penghujan menjadi berkah tersendiri, dimana tanaman tumbuh subur karena pasokan air yang memadai.

Sistem pengairan yang belum tertata maksimal ditambah sampah berserakan di saluran air, menjadi kendala tersendiri. Seperti yang terjadi saat ini hujan deras turun mulai pukul 13.00 Wib hampir di seluruh wilayah Jember, tak terkecuali kecamatan Umbulsari.

Bahkan, hujan tidak mereda sampai dini hari Minggu, Tanggal 23 Desember 2018 yang berujung tergenangnya air di beberapa lokasi yang keseluruhan berada di Dusun Pulosari Desa Tanjungsari, Umbulsari.

Meskipun tidak memakan korban jiwa, air sempat masuk ke pemukiman warga sedalam kurang lebih 15 Cm. Tercatat ada 7 KK yang rumahnya tergenang air. Dan beberapa lahan pertanian warga yang tergenang air, sehingga menimbulkan kerugian materi.

Seperti yang sudah disampaikan Kapolsek Umbulsari,Polres Jember, AKP SUNARTO, agar seluruh anggota Polri selalu ikut andil dalam setiap peristiwa yang terjadi di wilayahnya masing-masing.

Brigadir Tri Luky Saputro tak segan untuk menggendong warga yang sudah tua menuju tempat pengungsian sementara. Bahkan karena dekatnya dengan Polri, ada seorang ibu tua menangis sedih karena rumahnya terendam air dipelukan Aiptu Hadi Purnomo. Bripka Ibnu Agus dan Bripka Yayun tak lelahnya memantau ketinggian air untuk disampaikan ke warga dan instansi terkait.

AKP SUNARTO menjelaskan, Polsek Umbulsari all out dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga hadirnya negara di tengah warga yang sedang tertimpa musibah bencana alam melalui kehadiran Polri memberikan dampak positif secara psikologis.

“Kehadiran polisi ditengah-tengah masyarakat sebagai wujud kepedulian serta menjaga seluruh harta benda warga yang mengungsi dengan mengulurkan bantuan langsung berupa tenaga untuk evakuasi,” jelasnya, Minggu, (23/12/2018). (her)