Hujan deras yang terjadi pada hari Rabu (01/04/2020) sore hari pukul 14.30 wib di wilayah kecamatan Sumberbaru mengakibatkan terjadinya tanah longsor di sisi jalan desa dusun jatikoong desa Jatiroto kecamatan Sumberbaru kabupaten Jember.

Mengetahui adanya kejadian tersebut Kapolsek Sumberbaru AKP SUBAGIYO, SH,. bersama dengan anggotanya meninjau lokasi terjadinya tanah longsor serta melakukan koordinasi dengan pihak pihak terkait. Kamis (02/04/2020).

Adapun kronologi kejadian tanah longsor tersebut Pada hari Rabu,1 April 2020 sekira pukul 14.30 Wib di Dsn.Jatikoong Desa Jatiroto Kec.Sumberbaru Kab.Jember hujan turun deras, akibat kejadian tersebut selokan disisi barat jalan tidak mampu menampung air hujan sehingga air meluap ke jalan utama Desa Jatiroto.

Sekira pukul18.45 Wib terjadi tanah longsor disisi jalan sebelah timur dengan rincian panjang longsor 20 meter, lebar 5 meter dan kedalaman 7 Meter, dugaan sementara tanah longsor terjadi akibat air selokan yang meluap ke jalan raya dan menggerus dinding jalan disebelah timur dan terjadilah tanah longsor.

Kapolsek Sumberbaru AKP SUBAGIYO, SH,. menjelaskan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor tersebut, jalan raya tetap bisa dilalui R2/R4 dengan sistem bergantian buka tutup, memasang lampu penerangan di sekitar lokasi, memasang rambu rambu di lokasi tanah longsor, mobil muatan berat dilarang lewat, serta menempatkan perangkat Desa / warga untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas secara bergantian.

(Humas Polsek Sumberbaru)