Tribratanews Polres Jember : Kepala Kepolisian Sektor Arjasa Iptu. Adam, SH mengajak  Unsur 3 Pilar ( Kepala Desa, Babinsa, Dan Bhabinkamtibmas ) agar memperkuat kerja sama dan gotong royong dalam upaya percepatan  penanganan Covid-19.

Arahan tersebut disampaikan saat Kapolsek Arjasa  melakukan kunjungan silaturahmi  ke Balai Desa Arjasa untuk melakukan rapat kordinasi percepatan penanggulangan dampak pandemi Covid 19 di Wilayah Kecamatan Arjasa. Sabtu Sore (25/04/2020)

“ Saat ini yang perlu  difokuskan sahabat Kami di Desa  adalah untuk menentukan langkah-lahgjah pencegahan karena saat ini belum banyak desa di Kabupaten Jember  yang terpapar jadi harus diantisipasi”, Ujar Iptu. AdammSH

Pertama, pencegahan yang dilakukan yaitu penanganan warga desa yang berasal dari luar wilayah. Harus dialukan pendataan dengan tegas. Warga yang akan masuk desa, terlebih dahulu diminta untuk menjalalani isolasi di Stadion JSG Jember, apalagi jika berasal dari wilayah yang memang telah terpapar Covid-19.

Selanjutnya, jika warga itu dinyatakan sehat, diminta untuk lakukan isolasi mandiri di rumah selama minimal 14 hari agar memastikan kemungkinan virus yang tidak diketahui tidak berkembang. Setelah itu bisa berinteraksi dengan masyarakat.

Jika memang hal itu mendesak, maka saat warga desa itu ingin masuk kembali ke desa harus pemeriksaan kesehatan dan diberikan disinfektan untuk mencegah penyebaran Virus di desa.

“Jika desa lakukan protokol kesehatan dengan benar dan disiplin maka Virus Corona tidak akan bisa masuk ke desa,” katanya.

“Pencegahan itu sangat penting dan dilakukan semaksimal mungkin dan jangan lupa berdoa. Ini termasuk ikhtiar untuk pencegahan,” tutupnya. ( Humas Arjasa )