Polresjember.idJEMBER, Maraknya isu adanya orang berjubah hitam yang meresahkan warga Perumahan Tegal Besar Permai I belakangan ini, membuat Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo, SIK, SH,MH, bersama dengan jajaran memberikan imbauan kepada warga perumahan melalui Safari pada Jumat (23/3/2018) di Masjid Al Falah yang ada di perumahan tersebut.

Informasi yang beredar, warga perumahan diresahkan oleh adanya sosok orang berjubah hitam yang sering mendatangi ibu-ibu dengan berperilaku nyeleneh layaknya eksibisionis (yaitu orang yang suka menunjukkan alat kelaminnya kepada orang lain), sehingga warga merasa resah dan melakukan patroli bergiliran, namun sejauh ini warga belum berhasil menangkap sosok misterius tersebut.

“Kami menghimbau kepada warga agar tetap tenang dan tidak panik, serta tidak melakukan hal-hal yang mebuat warga lain ikut resah, terutama adanya isu sosok misterius yang berjubah lalu memamerkan alat kelaminnya di hadapan ibu-ibu, sejauh ini warga belum bisa menangkap atau memergoki pelaku, sehingga hal ini masih bisa dikatakan isu,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menghimbau agar warga berpikir positif terlebih dahulu, dengan tidak menyebarkan ke media sosial atau ucapan, tidak perlu berlebihan dalam menanggapi isu-isu seperti ini, namun warga tetap diminta untuk tetap meningkatkan kewaspadaan.

“Warga tidak tidak perlu khawatir terhadap isu-isu seperti itu, karena hal ini bisa menjadi isu hoax, tapi warga harus tanggap dan jangan diviralkan, apalagi jika memang ada sosok yang memperlihatkan kemaluan di depan umum, itu merupakan pelanggaran hukum kesusilaan dan melanggar pasal 282 KUHP dengan ancaman hukuman 2 tahun lebih,” pungkas Kapolres.

Turut hadir dalam kegiatan safari Jumat diantaranya, Kasatbinmas AKP. Vibie, Kapolsek Kaliwates AKP. Supadi, Kasatintelkam AKP. Edy Sudarto, SH. MH KBO Intelkan Iptu Agus S, Kaurmintu Intelkam Iptu Ali Setihono dan beberapa anggota polsek Kaliwates. (rus/ali/mbah)