Polres Jember News : Di tengah semakin komplek serta beragamnya persoalan yang ada di tengah masyarakat perdesaan, khususnya masalah gangguan keamanan dan ketertiban, peran dan fungsi Satuan Linmas Desa menjadi begitu penting. Setiap anggota Linmas Desa merupakan ujung tombak terdepan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Linmas memiliki peranan yang strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

Menjelang digelarnya pemilu tahun 2019, Oleh karenanya untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota Linmas, diperlukan pembinaan ataupun pelatihan setiap anggota Linmas Desa agar Linmas punya bekal diri dan strategi yang mumpuni dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dalam rangkaian tahapan pengamanan pemilihan legislatif dan Pemilihan presiden dan wakil presiden.

Satpol PP Kecamatan Silo, bekerja sama dengan Polsek Sempolan dan Koramil Silo malaksanakan pelatihan kepada Linmas se kecamatan silo di lapangan Sempolan, agar mempunyai kesiapan dan kemampuan baik mental maupun fisik agar dalam pelaksanaan pengamanan pemilu nanti linmas benar- benar sudah siap.

Selain kedisiplinan dan kekompakan dengan melatih kembali peraturan baris berbaris,kami juga memberi pembekalan tentang profesionalitas dan netralitas disaat melaksanakan pengamanan pemilu terutama disaat di Tempat Pemungutan Suara.

Pembinaan ini bertujuan guna memaksimalkan peran Linmas dalam menjaga kamtibmas, sekaligus memberikan pemahaman akan tugas-tugas yang diemban para Linmas dalam menjaga kamtibmas di lingkungannya . Harapannya anggota Linmas selalu waspada terhadap situasi lingkungan dimana mereka bertugas sekaligus tetap bersemangat, dan menjaga solidaritas, dan bangga dalam menjalankan tugas sebagai seorang anggota Linmas, Ujar Kanit Sabhara Polsek Sempolan, Selasa (11/12/2018).

Lebih lanjut ia menuturkan kepada anggota Linmas ” Jangan lupa selalu lakukan koordinasi dengan petugas dari TNI /Polri apabila dalam melaksanakan pengamanan nanti ada hal hal yang janggal,” tutupnya ( Humas Sempolan )