Polres Jember News : Tembakau merupakan salah satu Ikon Kota Jember. Peran komoditi Tembakau tidak terlepas dari sejarah Kabupaten Jember yang merupakan wilayah pertanian tembakau termasyur di Dunia. Potensi alam dan kondisi tanah di Jember mampu menghasilkan tembakau dengan kualitas yang tinggi. Kepopuleran tembakau asal Jember sudah mendunia sejak abad ke – 19, bahkan juragan cerutu di seluruh dunia menjuluki Jember sebagai La Tierra Prometadora atau tanah yang menjajikan.

Memperingati Hari Bhayangkara ke- 72, Kepolisian Resort Jember mengangkat kembali potensi kearifan lokal Kota Jember. Salah satunya dengan menyelenggarakan lomba menyunduk daun tembakau untuk produksi cerutu, yang di gelar di Komplek PTPN X Kertosari Kecamatan Pakusari, Jember.

” Melatar belakangi diadakan lomba ini karena mayoritas penduduk Kabupaten Jember adalah petani tembakau, dengan mengikutsertakan para petani tembakau Sekabupaten Jember, Kami berharap ajang perlombaan ini semakin mendekatkan Polri dengan masyarakat ” Tutur Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo, S.H, S.IK, MH.

Usai membuka acara, Kapolres Jember kemudian datang menghampiri dan menyapa ramah para peserta dan pekerja tembakau ditempat ini. Warga sangat antusias menyambut mantan Koorspripim Kapolri ini. Terlebih lagi, tampak wajah – wajah yang menyiratkan rona bahagia, saat mereka dengan senang hati menerima tanda tali asih. ” Terima kasih Pak Kapolres, sahut mereka.”

Tak hanya berbagi, Kapolres Jember juga menyempatkan melakukan peninjauan langsung aktifitas pengelolahan lahan petani tembakau untuk memotifasinya agar semakin berkarya mengangkat potensi daerah dan melestarikan kearifan lokal guna mengangkat sektor tembakau bagi perekonomian masyarakat Jember. ( Red. Hadi )