Polres Jember News : Serangkaian peristwa terorisme di Indonesia yang terjadi secara serentak dalam beberapa hari terakhir, membuat jajaran Polsek Umbulsari Polres Jember, melakukan gerak cepat dalam mengantisipasi, mencegah dan early warning terhadap kejahatan extraordinary yaitu terosisme.

Bertempat di balai kecamatan Umbulsari, Polsek Umbulsari mengundang Tokoh Lintas Agama, Tokoh Masyarakat, dan Pemuda Umbulsari, acara yang dipimpin Aiptu Hadi Purnomo ini juga dihadiri perwakilan dari Danramil Umbulsari dan camat Umbulsari Firaz Chalid, SH.

“Penanganan Terorism As An Extraordinary Crime adalah kewajiban seluruh komponen warga masyarakat untuk menjaga keutuhan NKRI dengan Polri sebagai leading sector sesuai yang diamanatkan undang-undang. Indonesia sudah mempunyai early warning paling ampuh, yaitu 1 × 24 Jam Tamu Wajib Lapor. Dan hal itu harus lebih dihidupkan lagi sebagai bentuk deteksi dini yang paling efektif dan efisien,” ujar Aiptu Hadi Purnomo mewakili Kapolsek Umbulsari AKP. Sunarto, Jumat, (18/5/2018).

Aiptu Hadi menambahkan, peran serta RT-RW sangat diperlukan untuk menghidupkan kembali hal tersebut. Terutama kepada pendatang baru yang tertutup dan tidak mau bergaul dengan tetangga sekitar. Peran aktif Tokoh Lintas Agama adalah dengan segera menegur bahkan melaporkan kepada Polri apabila ada perkumpulan yang mengatasnamakan agama tapi tindakannya tidak mencerminkan ajaran agama yang Rohmatan Lil Alamin, penuh kasih Yesus Kristus, Kertawaranugraha dan atau ajaran agama yang lain. (rus/red)