Tribratanews Polres Jember : Guna memastikan penerapan ‘Physical Distancing’ sudah terealisasi di kawasan industri yang berada di Kabupaten Jember, Polres Jember melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Perusahaan Cerutu PTPN X Bobin Kecamatan Arjasa, Senin Siang (13/4/2020).

 

 

Sidak dipimpin langsung Kapolres Jember AKBP. Aris Supriyono, S.I.K, M. Si bersama Dandim 0824 Jember Letkol Inf. Laode M. Noerdin didampingi jajaran Muspika Kecamatan Arjasa masuk ke lingkungan perusahaan yang memiliki 3200 karyawan itu.

Dalam sidak kali ini, sejumlah Aparat Kepolisian, TNI dan Satpol PP langsung menuju ke gudang produksi. Tampak para pekerja saling menjaga jarak satu sama lain. Ada garis pembatas di antrian berjarak 1 meter. Tujuannya, agar tidak berdesak-desakan. Setiap karyawan yang masuk wajib menggunakan masker.

Termasuk adanya pemeriksaan suhu badan saat masuk ke lingkungan kerja dengan menggunakan thermo gun. Jika ditemukan suhu diatas 38 celcius, karyawan itu langsung diantar ke rumah sakit rujukan untuk ditangani lebih lanjut.

 

 

Pada bagian produksi di pabrik cerutu tersebut, Kapolres Jember memantau langsung aktivitas para pekerja. Di pabrik itu physical distancing sudah diterapkan dengan baik. Satu pekerja dengan pekerja lainnya sudah menjaga jarak aman.

Menanggapi pemberlakuan physical distancing itu, General Manager PTPN X Bobbin Zuhri mengatakan, Pihaknya tetap berkomitmen menjalankan protokol pencegahan Covid 19 Di lingkungan BUMN maupun penerapan aturan dari pemerintah.

” Alhamdulillah, upaya Kami tentunya demi mencegah 3200 Orang Karyawan Bobbin terhindar dari penularan Covid 19. Mengingat pentingnya sektor Industri agar tetap berjalan dalam menggerakkan roda perekonomian”, paparnya.

Sementara itu Kapolres Jember melalui Kapolsek Arjasa AKP. Eko Basuki, SH mengatakan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Maklumat Kapolri dan Pemerintah Pusat dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

” Dalam Sidak ini Kami menghimbau agar pihak perusahaan melakukan protokoler kesehatan kepada para Karyawannya. Harapannya, physical distancing betul-betul dilaksanakan terutama di sektor industri,” Ujarnya .

“Kami juga melihat kelengkapan penyediaan alat kebersihan bagi para pekerja. Sudah tersedia alat pencuci tangan, penyemprotan disinfektan, Hand sanitizer bagi para pekerja dan menggunakan masker”, terangnya.

0

Lebih lanjut, Pihaknya akan terus berupaya untuk memastikan masyarakat, terutama di wilayah industri di Kabupaten Jember tetap berpedoman mematuhi anjuran pemerintah, terutama untuk menjaga kebersihan dan physical distancing dalam rangka berpartisipasi mencegah penyebaran covid-19, Pungkasnya. (Humas Arjasa)