Tribratanews Polres Jember : Petugas Kepolisian Sektor Arjasa Polres Jember melakukan “sterilisasi” ke berbagai ruang publik untuk mencegah penyebaran virus corona di wilayahnya. Sejumlah Perusahaan Travel dan Angkutan yang ada Kecamatan Arjasa tak luput dari sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan.

Kapolsek Arjasa AKP. Eko Basuki, SH mengatakan dengan adanya kegiatan penyemprotan disinfektan, masyarakat yang menggunakan angkutan umum dalam kota, maupun yang berkunjung ke pasar pagi akan merasa aman dari virus corona.

“Kami secara berkelanjutan melakukan penyemprotan, baik di kawasan terminal umum, maupun pasar. Ini sebagai jaminan  keamanan dan kenyamanan masyarakat ditengah Pandemi Covid 19 ,” ucap Kapolsek.

“Sesuai dengan instruksi pemerintah, semua harus waspada dan berupaya mengantisipasi wabah virus corona. Karena itu kami melakukan langkah-langkah antisipasi penyemprotan cairan disinfektan pada ruang atau transportasi publik,” katanya Di Mapolsek Arjasa. Sabtu(11/04/2020).

Menurutnya, Pihaknya telah menghimbau pihak jasa  pengelola transportasi umum harus menyemprotkan disinfektan secara berkala 2-3 kali sehari dengan perhatikan jam-jam sibuk untuk mencegah penularan Covid-19. Terutama, di area yang sering dipegang. Misalnya handle pintu, pegangan tangan, sandaran kursi, dan lainnya.

Setiap angkutan umum pun diwajibkan memiliki cairan pembersih tangan dan masker untuk mengantisipasi penularan terjadi. Kapolsek Arjasa juga mengingatkan, pengelola transportasi umum untuk menyediakan materi infografis perilaku pencegahan penularan Covid-19 yang harus dilakukan setiap individu dalam kendaraan atau lingkungan transportasi publik, baik sebagai penumpang, petugas, atau pengelola.

“Misalnya, imbauan kepada penumpang yang  sakit terutama dengan gejala infeksi saluran napas, seperti demam batuk pilek nyeri tenggorokan untuk tidak gunakan transportasi publik. Lalu, edukasi etika batuk dan bersin yang benar, pembiasaan cuci tangan pakai sabun dengan tata cara yang benar, dan kampanye hidup bersih dan sehat,” Pungkasnya. (Humas Arjasa).