Tribratanews Polda Jatim : Warga Desa  Sumbersalak dihebohkan dengan kabar ditemukannya dugaan identik jasad kerangka manusia yang terkubur dalam cor-coran semen di Mushola yang berada di belakang sebuah rumah yang terletak  di Dusun Joruju Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo, Jember. Minggu ( 03/11/2019 ).

Ditemukannya dugaan jasad identik manusia berawal dari laporan masyarakat adanya warga bernama Surono yang hilang sekira 7 Bulan lalu. Bahwa sesuai informasinya, Terduga Korban Surono  dikuburkan di belakang rumah, yang saat ini sudah dibangun Mushola dengan Dapur dan Kamar mandi lengkap.

“ Kami telah melakukan penyelidikan oleh Satuan Reskrim Polres Jember dan Polsek Ledokombo, dan setelah Kita melakukan pembongkaran atas persetujuan pihak keluarga, akhirnya Kami temukan adanya sebuah sarung dan ada temuan dugaan jasad  manusia, Ujar Kapolres Jember AKBP. Alfian Nurrizal,S.H,S.I.K saat dikonfirmasi usai olah TKP bersama Tim DVI Polda Jatim, Senin Siang ( 04 / 11/2019 ).

“ Tadi sekira Pukul 09.00 Wib, Kami bersama TIM DVI Polda Jatim  melakukan olah TKP. Jasad dugaan manusia  ditemukan pada kedalaman kurang lebih 80 Cm, dimana ada sebuah cor kasar  saja. Tidak rapi. Lalu ditimbun tanah sedalam 58 Cm dan diatas timbunan tanah dilakukan pengecoran secara rapi setebal 25 Cm , baru dilapisi keramik warna hitam, terang Kapolres”.

“ Dari hasil interogasi, ada 3 Orang. Salah satu diantaranya anaknya terduga korban  yang menimbun tanah dan mengecor. Dan ada saksi berinisial S yang membantu pemasangan keramik. Kondisi awal seperti yang saya jelaskan tadi sudah dilakukan oleh anak terduga korban berinsial B, Imbuhnya “.

Pihaknya masih terus mendalami bersama Tim Investigasi  DVI untuk melakukan proses identifikasi terhadap jasad terduga manusia ini, lalu akan dilakukan outopsi guna mengetahui sebab musabab meninggalnya terduga korban. Hasilnya, menjadi langkah awal Pihak Kepolisian untuk melakukan penyidikan lebih lanjut.

“ Saat ini ada 2 Orang yakni  Istri terduga  Korban Dan Anaknya Berinisial B  mengamankan diri di Polsek Ledokombo karena kekhawatiran ancaman bagi dirinya. Kita masih menunggu hasil Investigasi Tim DVI untuk penyidikan selanjutnya. Dimungkinkan ini adalah pembunuhan, Dari cara pemakaman dugaan jasad manusia itu sudah tidak wajar, dikuburkan dibelakang rumah yang dulu masih belum permanen terbuat dari bambu ( red. Gedek ), Ungkap Kapolres.

“ Saat ini proses identifikasi dan otopsi masih berlangsung, petunjuk dari hasil Tim DVI,  Kami akan kembangkan dalam pemeriksaan yang lebih intensif. Kita harus teliti untuk mendapatkan alat bukti yang mengarah kepada Tersangka, Pungkasnya “. ( Redaksi – Hadi Poernomo ).