Polres Jember News : Program Nawa Cita Presiden Ir. Joko Widodo menuntut hadirnya pemerintah dalam setiap pelayanan publik yang terintegrasi, cepat dan transparan. Dimanapun masyarakat membutuhkan pelayanan, alat penyelenggara negara harus hadir tanpa pamrih. ( Pro Rakyat ).

Kepolisian Resort Jember sebagai lembaga publik berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Jember dengan sistem ” integrated public service delivery “.

Layanan ” Jember Terintegrasi ” menjadi pilihan untuk mengurangi permasalahan inefisiensi guna peningkatan mutu kinerja layanan publik. Terpusatnya pelayanan Institusi publik di Jember dalam satu lokasi akan mempersingkat waktu, memberikan akses kemudahan, memangkas sistem birokrasi yang rumit , menghemat pengeluaran masyarakat ( untuk transportasi ) dan menjamin kepastian lokasi dan waktu layanan publik.

Bila sebelumnya acara Car Free Day (CFD) di Alun – Alun Kota Jember menjadi wahana interaksi ribuan masyarakat Jember untuk beraktifitas olahraga, hiburan, dan menikmati aneka kuliner. Pekan ini, Warga yang menikmati akhir pekan bebas kendaraan bermotor juga bisa mendapatkan pelayanan otoritas publik di Kabupaten Jember.

Layanan Jember Terintegrasi akan terus hadir tiap acara Car Free Day (CFD) di Alun-Alun Jember mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 09.00 Win. Layanan yang diberi nama Jember Terintegritasi ini di-launching oleh Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo SH SIK di Jalan Sudarman depan Pemkab Jember, Minggu pagi (27/01/2019)

Jember Terintegritasi merupakan layanan untuk masyarakat Jember, baik layanan SIM keliling, layanan, adminduk, perbankan, kesehatan maupun layanan lain seperti Telkom dan PLN. Semua bisa dilayani dalam satu lokasi.

“Hari ini Kami me-launching layanan Jember Terintegritas. Jadi, untuk warga Jember yang ingin memperpanjang SIM, membayar pajak kendaraan, maupun yang mau mengurus adminduk, bisa dilayani di sini. Dan layanan ini akan hadir tiap Minggu. Tidak menutup kemungkinan untuk minggu berikutnya pihak swasta seperti dealer bisa bergabung di sini,” ujar Kapolres.

Untuk perpanjangan SIM, Kapolres menyatakan bahwa layanan di Jember Terintegritasi ini hanya bagi warga Jember yang ingin memperpanjang masa berlaku SIM. Sedangkan untuk membuat SIM baru tetap di kantor Satpas Polres Jember. “Layanan SIM hanya bagi warga yang ingin memperpanjang saja. Kalau membuat SIM baru, tetap di kantor satpas. Dan ini hanya untuk warga Jember. Kalau luar daerah masih belum bisa karena masih belum online,” Imbuhnya.

Kapolres juga menambahkan, untuk warga yang hendak mengurus SIM maupun adminduk diharap untuk mempersiapkan persyaratannya, seperti fotokopi KTP maupun persyaratan lainnya. “Warga yang ingin mendapat layanan SIM cukup mempersiapkan fotokopi KTP dan juga keterangan sehat, untuk keterangan sehat bisa di dapat di lokasi, karena Kami juga bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Kaliwates,” tambah kapolres.

Layanan ini mendapat sambutan antusias warga pengunjung CFD. Pelayanan untuk perpanjangan SIM dan Pajak kendaraan bermotor dirasakan warga semakin mudah, praktis dan cepat. Disisi lain kehadiran unit pelayanan Petugas Kepolisian di ruang publik saat digelarnya Car Free Day juga menjadi sarana sosialisasi dan interaksi langsung bersama masyarakat Jember. ( Redaksi. Hadi)