Polresjember.idJEMBER, Sosok polisi sebagai penegak hukum bagi sebagian anak-anak terkesan menakutkan lantaran kerap berurusan dengan kriminal dan kejahatan.

Namun, murid-murid Sekolah Dasar yang masih imut-imut tampak antusias berlatih kedisiplinan baris berbaris di hadapan petugas Polsek Sukowono, Polres Jember.

Puluhan murid Sekolah Dasar ini dilatih baris-berbaris dan Upacara bendera bertempat di SD Negeri Balet baru 2 Kec Sukowono oleh Kanit binmas Polsek Sukowono ipda Suharno.

pelatihan ini dilaksanakan secara rutin 2 minggu sekali bertujuan agar para murid murid mempunyai dasar menjadi disiplin, tertib. Selain itu, pelatihan juga diyakini mempunyai banyak manfaat, terutama bagi pendidikan dan pembentukan karakter dini generasi penerus, khususnya para pelajar,” kata Ipda Suharno, Kamis, (22/3/2018).

Kanit Binmas Ipda Suharno menambahkan, tak hanya melatih murid SD, Polsek Sukowono juga melaksanakan pelatihan berbaris bagi tingkat SMA.

“Kegiatan juga secara rutin, bertujuan untuk mengajarkan para siswa SMA yang tergabung dalam organisasi PKS lebih mendalami pengetahuan lalu lintas, sehingga nantinya dapat membantu tugas-tugas polisi dalam melakukan pengaturan di depan sekolahnya atau bisa menjadi pelopor bagi teman-temannya di sekolah untuk selalu tertib dan mematuhi peraturan lalulintas,” ujar Kanit Binmas.

Dalam kegiatannya, Kanit Binmas memberitahukan beberapa ilmu dasar dan materi berupa Praktek Baris Berbaris, 12 gerakan pengaturan dan pengetahuan rambu-rambu lalu lintas. (zal/red)