Polres Jember News : Waktu hari libur akhir pekan di manfaatkan oleh Petugas Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa untuk mendorong masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong resik – resik desa binaannya. Pagi itu, petugas Polsek dan warga nampak kompak melakukan kerja bhakti membersihkan saluran air dan kanal yang berada di Desa Kertosari Kecamatan Pakusari Jember, Minggu (18/11/2018).

Sejumlah gorong – gorong dan selokan yang tersumbat dibongkar agar aliran air bisa berjalan lancar. Dengan demikian, potensi terjadinya banjir ke pemukiman penduduk bisa dicegah sedini mungkin, terutama saat memasuki musim hujan.

Masih banyak yang ditemukan saluran air yang mengalami pendangkalan akibat air tidak mengalir lancar juga menyebabkan endapan lumpur makin menumpuk dan menyumbat aliran air.

Kapolsek Pakusari AKP. YULIATI, S.H mengatakan jika anggota Bhabinkamtibmas telah diarahkan agar dapat menjadi promotor penggerak yang peka dan tahu kondisi obyektif serta memiliki rasa kepedulian terhadap Desa Binaannya . ” Saat awal musim hujan bulan ini, kegiatan gotong rotong kerja bhakti resik-resik lingkungan harus lebih digalakkan lagi, tuturnya di Mapolsek Pakusari, Senin (19/11/2018).

Menurutnya, lingkungan yang kotor dan tersumbatnya saluran air tidak hanya menjadi pemicu banjir, tapi juga akan menjadi sumber penyakit seperti demam berdarah, malaria dan muntaber.

” Alhamdulillah, anggota saya dan warga desa binaan sangat antusias melaksanakan kegiatan ini secara sinergis, Pungkasnya “. ( Humas Res Jember ).