Tribratanews Polres Jember : Pemerintah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember bersama Jajaran TNI Polri Dan Sat Pol PP menggelar test cepat ( Rapid Test ) massal yang di ikuti 112 Santriwan Santriwati asal Jember yang hendak kembali Ke Pondok Pesantren 2 Hari Lagi.

Jumat Siang (24/07/2020) Kegiatan yang berlangsung di Terminal Arjasa dihadiri Aparat Gabungan dari Dinas Kesehatan, TNI Polri, Sat Pol PP , Dishub, Satgas Covid 19, relawan maupun santri serta para orang tua / wali santri sebagai bagian dari persiapan mereka sebelum kembali ke pondok pesantren Nurul Jadid Kab. Probolinggo.

Tes cepat ini dilaksanakan sebagai langkah deteksi dini guna menekan laju penyebaran Covid 19 di kalangan santri. Selain itu, juga sebagai upaya sosialisasi tentang pentingnya melakukan rapid test covid 19 di masa adaptasi kebiasaan baru.

“ Disini Pemkab Jember memfasilitasi pemeriksaan darah atau rapid test secara cuma-cuma untuk santri asal Jember , yang hendak kembali ke pondok pesantren di luar daerah”, Ujar Kasie Trantib Kecamatan Arjasa Soeripto.

“ Sebelum kembali Ke Ponpes, para santri ini akan menjalani rangkaian tahapan screening sesuai protokol pencegahan Covid 19. Antara lain, Rapid Test, pemeriksaan suhu tubuh, penyemprotan antiseptik di bilik sterilisasi. Para santri juga diwajibkan menggunakan masker “, Jelasnya.

Sementera itu Kapolsek Arjasa melalui Kasie Humas Aipda. Hadi Poernomo mengatakan pihaknya telah mensiagakan 8 Personil Pengamanan untuk mengawal pemeriksaan proses screening maupun rapid test yang dilakukan hari ini, agar dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“ Kami juga sudah melakukan himbauan dan sosialisasi sebelumnya, untuk itu diharapkan masyarakat agar tetap tenang dan disiplin mematuhi anjuran protokol kesehatan guna meminimalisir resiko penularan virus Corona”, tutupnya. ( Humas Arjasa ).