Penimbunan masker menjadi salah satu atensi langsung dari Presiden Republik Indonesia seiring dengan diumumkannya 2 orang WNI yang positif terpapar virus Corona (Covid-19). karena hal tersebut, upaya antisipasi dilakukan oleh Kepolisian Sektor Sumberbaru Polres Jember, dengan melakukan razia sejumlah apotek. Serta memantau keberadaan masker di wilayah hukum Polsek Sumberbaru.

Banyaknya keluhan masyarakat terkait sulitnya mencari stok masker di sejumlah apotek dan toko direspon positif oleh jajaran Polsek Sumberbaru. Kapolsek Sumberbaru AKP SUBAGIYO, SH. memerintahkan anggotanya yakni Babinkamtibmas Desa Yosorati BRIGPOL SUMAR ROMSY untuk memantau kondisi stok masker di pasaran dan melakukan razia di apotek SUMBER WARAS di Desa Yosorati kecamatan Sumberbaru kabupaten Jember, Minggu (8/3/2020).

Hasilnya, Tidak ditemukan upaya penimbunan masker yang diduga dilakukan pihak pengelola apotek SUMBER WARAS, Karena Harga yang terlampau tinggi dan masih harus inden, selain itu BRIGPOL SUMAR ROMSY juga menghimbau kepada pemilik apotek agar dapat memberikan pengertian kepada pembeli maupun masyarakat untuk meredam isu virus Corona.

Kapolsek Sumberbaru AKP SUBAGIYO, SH. mengatakan terkait kekosongan stok masker, para pedagang sengaja tidak menambah atau mengisi kembali stok masker yang kosong. Karena harga masker yang melonjak tajam dibanding sebelumnya.

“Yang jelas kami sudah Imbau para pedagang untuk tidak menimbun stok masker, sudah kami jelaskan pula sanksi pidana bagi para pelaku yang melakukan penimbunan masker, semoga masyarakat paham dan mengerti,” pungkas Kapolsek.
(AR. Humas Polsek Sumberbaru).