Polres Jember News : Aparat Kepolisian Sektor Jember melalui jajaran unit Polsek Sempolan melakukan upaya antisipasi sekaligus pencegahan sedini mungkin terjadinya peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada musim kemarau tahun ini.

Sebagai upaya pencegahan agar warga masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan kementriaan hutan meru betiri Jember,Danramil Silo (perwakilan muspika),perhutani Ds.Mulyorejo kec.Silo,karyawan PTPN XII serta Bhabinkamtibmas dan babinsa memasang imbauan di jalan PTPN XII Silo sanen Mulyorejo.

Kasi Taman Nasional Meru Betiri(TNMB) Sulistriyanto mengatakan pemasangan plang imbauan tentang karhutla ini sangat efektif karena lokasinya sangat strategis dan sering dilalui oleh warga masyarakat yang akan berangkat ke kebunnya, yang juga berbatasan dengan kawasan hutan

“Sebenarnya fenomena ini tidak harus terjadi, hutan wajib kita jaga dan lestarikan,karena hutan juga berfungsi sebagai paru-paru dunia.

“Hasil pantauan kami untuk wilayah kecamatan silo relatif aman dan belum ada warga masyarakat yg melakukan pembakaran hutan dan lahannya,namun upaya preventif dengan memasang plang tentang bahaya karhutla dapat memberi pringatan terhadap warga masyarakat,apalagi ada ancaman pidananya” imbuh Sulistriyanto, Senin, (30/7/2018). (yud/red