Tribratanews Polres Jember : Musim pancaroba belakangan ini membuat kondisi cuaca di perairan pantai selatan Jember tak menentu. Bahkan masa pancaroba berdampak pada tingginya gelombang, angin kencang, petir dan intensitas curah hujan yang mulai meningkat.

Alhasil, gelombang tinggi dan angin kencang menghantui aktifitas nelayan Puger Jember. Banyak nelayan takut dan memilih memarkir jukung dan perahu mereka.

Menyikapi situasi ini, AKBP. Alfian Nurrizal, S.H, S.I.K, M.Hum tidak tinggal diam. Ditengah kesibukannya sebagai Kapolres Jember. Ia memilih turun langsung menyapa warga nelayan melalui instrument ajang silaturahmi mendekatkan diri di ruang publik yang kemudian dikemas menarik melalui Acara Makan dan Ngobrol Bareng Nelayan Puger, Jember. Jumat Pagi (07/11/2019).

Acara yang digelar di pesisir Pantai Pancer Kecamatan Puger, Jember, dihadiri pula oleh pejabat utama Polres, Unsur Muspika, Kepala Desa Puger Kulon, Kades Puger Wetan, Pokmas Wisata Pancer dan ratusan masyarakat nelayan Puger.

” Mengingat kondisi cuaca tak menentu, jelang musim hujan. Dengan bekerja sama BMKG, Kami mengimbau nelayan agar senantiasa menjaga keselamatan. Tentunya perlengkapan seperti Life Jaket dan pelampung harus disiapkan saat Nelayan pergi melaut, Kata Kapolres saat di konfirmasi para Awak media .”

Lebih lanjut Kapolres Jember mengatakan dalam acara ini pihaknya juga sudah  mendengar aspirasi, harapan dan saran para nelayan perihal keamanan pengunjung wisatawan pantai Pancer Puger.

Disisi lain, Nelayan juga menyampaikan keluhannya terkait situasi paceklik hasil pendapatan dari melaut, terlebih cuaca buruk berakibat produksi ikan menurun drastis.

” Yang terpenting, Kami akan bentuk Satgas untuk mengantisipasi lonjakan harga ikan yang merugikan konsumen. Kami akan bentuk segera sehingga dapat menstabilkan harga produksi Ikan, ungkap Kapolres.”

Bukan hanya di kawasan Pesisir Kecamatan Puger namun di Kecamatan lain seperti Ambulu juga bakal disambangi Kapolres Jember guna mengetahui langsung persoalan sebenarnya yang dihadapi masyarakat nelayan di Wilayah Kabupaten Jember. ( Redaksi _Hadi Poernomo).