Tribratanews Polres Jember : Musim penghujan dengan intensitas yang tinggi masih berlangsung selama beberapa pekan terakhir di Kabupaten Jember. Jajaran Polsek Puger mendatangi rumah-rumah warga.

Petugas rajin turun ke pemukiman warga nelayan memberikan himbauan sebagai bentuk antisipasi tanggap bencana alam.

Aksi ini menjadi salah satu upaya mencegah jatuhnya korban. Terutama rumah-rumah yang berada di daerah rawan bencana alam banjir maupun angin puting beliung.

“Memasuki musim penghujan kita sudah melakukan segala persiapan terkait tanggap bencana. Selain anggota melakukan door to door (rumah ke rumah) warga memberikan himbauan kamtibmas,” ujar Kapolsek Puger AKP. Ribut Budiono, S.H (02/03/2020).

Ia minta masyarakat hati-hati, dan waspada rumah berada di pinggir tebing. Lantaran di musim penghujan ini rawan longsor, banjir dan angin kencang.

“Jika perlu mengungsi ke daerah lokasi yang lebih tinggi, ini untuk antisipasi jatuhnya korban,” harapnya.

Banyaknya pohon besar yang sudah lapuk serta labilnya struktur tanah, membuat pohon-pohon ini menjadi mudah tumbang saat hujan. Apalagi jika terjadi hujan deras yang disertai angin kencang,” ujar Kapolsek Puger saat bertatap muka dengan warga di Dusun Krajan Desa Puger Kulon.

Selain itu, Kapolsek Puger juga meminta para Bhabinkamtibmas diwilayahnya agar mengajak warga untuk berperan aktif dengan membersihkan kembali seluruh saluran air di sekitar rumah warga, agar tidak ada sampah yang menyumbat.

“Sampah yang menutup saluran air tentunya berpotensi menjadi banjir, sehingga hal tersebut harus kita waspadai,” tutupnya. (Humas Jember)