Tribratanews Polres Jember : Kepala Kepolisian Resort Jember AKBP. Alfian Nurrizal, S.H, S.I.K, M.Hum Memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2019 dalam rangka Pengamanan Perayaan Natal 2019 Dan Tahun Baru ( Nataru ) Tahun 2020 yang berlangsung di Alun Alun Kota Jember, Kamis Pagi ( 19/12/2019).

Kegiatan apel gelar pasukan di ikuti 3 SSK Personil Pengamanan Terbuka, 2 SSK Pamtup, 1 SSK Propam, 1 SSK Polsek Jajaran, 1 SSK Bhabinkamtibmas, 1 SSK TNI, 1 SST Satpol PP, 1 SST Dishub beserta sejumlah  pasukan dari Satpam, Polsuska, Pramuka, Orari, Rapi, Senkom Polri dan PMI.

Dalam Apel Gelar Pasukan yang digelar seretak di seluruh Indonesia ini, Kapolres Jember membacakan amanat Kapolri. ” Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personil dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020,” Kata Kapolres.

Operasi Lilin Semeru 2019 digelar selama 10 hari mulai 23 Desember hingga 01 januari 2020. Dalam pelaksanaannya terdapat 12 Potensi kerawanan yang harus di antisipasi, yaitu : aksi terorisme, kejahatan konvesional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawura, bencana alam, konvoi / balap liar, kebakaran akibat petasan, pesta miras dan narkoba.

Dijelaskan, berkaitan dengan hal itu Kapolri menekankan kepada seluruh Kasatwil harus dapat bersinergi dengan stake holder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang pro aktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai karakteristik daerah masing- masing.

Selain itu, dalam Apel Gelar Pasukan terdapat sejumlah kendaraan taktis milik Polres Jember yang juga dihadirkan dalam apel. Ada pula kendaraan Baracuda, PMK dan Ambulance disiapkan berjajar di sepanjang Jalan PB. Sudarman Depan Kantor Pemkab Jember. ( Redaksi – Hadi Poernomo ).