Perlu kita tahu bahwa lingkungan bersih atau tidaknya berdampak besar bagi otak manusia. Karena oksigen berupa O2 yang dihirup melalui paru–paru sebagian besar berfungsi untuk memperlancar peredaran darah melalui saraf otak manusia. Hal inilah yang selalu dikhawatirkan oleh manusia. Sehingga mereka dapat menjaga kebersihan lingkungan disekitarya.

Kesadaran hidup bersih merupakan tujuan utama untuk hidup secara sehat terbebas dari segala macam Penyakit.

Kebersihan dalam menjaga lingkungan akan memberikan energi Positif pada hati kita, bagaimana bisa, lingkungan yang bersih akan mendatangkan ketenangan,Konsentrasi kita dalam melakukan sesuatu bahkan dapatkan mendatangkan Kesehatan Jasmani dan rohani.

Sebagaimana yang telah di lakukan oleh Jajaran Polres Jember , Polsek Patrang dalam menjaga kesehatan jasmani dan rohani pada Minggu tgl 15 Maret 2020 Kapolres Jember AKBP ARIS SUPRIYONO,S.H. bersama Waka Polres Jember, Kompol Windy Syafutra S.I.K M.Med.Kom dan Kapolsek Patrang, IPTU Solihin Agus Wijaya, Beserta Jajarannya melaksanakan Giat Sosialisasi Pencegahan Virus Corona ( COVID-19 ) di Stasiun Kreta api Jember Jl.Wijaya Kusuma No.05 Tegal Rejo Kel Jember Lor Kec Patrang Kab Jember

Kapolres Jember mengungkapkan bahwa Saat ini kita di cekam dengan virus Corona,Infeksi virus Corona yang disebut COVID-19 ini pertama kali terjadi di kota Wuhan, China dan sekarang telah ditemukan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan antarmanusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin.

Ketika terinfeksi virus Corona, seseorang akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).

Salah satu Upaya untuk melakukan pencegah agar tidak terjadi di wilayah kita,adalah dari Kesadaran kita sendiri untuk lebih aktif melakukan kebersihan lingkungan dan nampak dari berbagai persoalan agar bisa menyentuh di hati masyarakat, sehingga langkah kita bisa menjadi Tauladan.

Sebagai Anggota Polri, ini merupakan bagian dari salah satu tugas kita untuk melindungi mengayomi dan melayani masyarakat,agar masyarakat kita terselamatkan dari virus Corona tegas Kapolres Jember.

Kemudian nampak jelas Anggota Polwan Polres Jember bersama pihak rumah sakit Citra Husada membagikan antiseptik dan stiker cara pencegahan virus Corona kepada Pegawai Stasiun Kereta Api.

Sementara itu Pihak Rumah Sakit Citra Husada Dr Ratna menjelaskan bahwa virus Corona ini penyebarannya sangat Cepat dan tidak terlalu berbahaya asalkan penangananya cepat dan tepat dan cara pencegahannya juga sangat mudah asalkan kita rutin melakukan nya Rajinlah membersihkan tubuh setelah melakukan Aktivitas dengan cara cuci tangan dengan sabun mengunakan air yang mengalir sehingga virus tersebut tidak menggenang di dalam air tersebut apabila kita mengunakan air kran caranya buka air kran dengan tisu setelah itu cuci tangan dengan bersih mulai dari punggung tangan telapak tangan dan ujung tangan kemudian tutup kembali kran dengan tisu agar kran yg kita tutup tidak menempel di tangan kita.

Selain itu ada cara yg lebih praktis cuci tangan dengan air Alkohol atau antiseptik gosok kan ke tangan secara merata dari punggung tangan telapak tangan jari jari tangan serta ujung tangan,ungkap Dr Ratna ( Ibnu /Ptr. )