Hujan lebat yang terjadi akhir-akhir ini mengguyur wilayah Kabupaten Jember mengakibatkan salah satu tebing di depan rumah warga Desa Gelang kecamatan Sumberbaru mengalami Longsor dan menutup akses jalan menuju Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Sumberpandan.

Longsor terjadi karena tanah tebing dibelakang rumah warga yang bernama Bu. Nan tidak bisa menampung air hujan dan kemudian longsor, air akibat tanah longsoran terus mengalir dan menggerus tanah tebing yang berada di depan rumah Bu. Nan yang kemudian mengakibatkan tanah longsor dan menutup akses jalan warga.

Mengetahui kejadian tanah longsor tersebut Kapolsek Sumberbaru AKP SUBAGIYO,SH. memimpin langsung anggotanya menuju lokasi bencana dan melakukan kerjabakti membuka kembali akses jalan yang tertutup/ terputus akibat tanah longsor tersebut di Dsn.Tampengan Rt.003 Rw.015 Desa Gelang Kec.Sumberbaru tepatnya dijalan utama menuju PDP Sumberpandan, Senin (02/03/2020) dimulai pukul. 08.00 Wib s.d Pkl. 11.00 Wib.

Dibantu oleh warga, perangkat desa Gelang dan Karyawan Kebun PDP  Sumberpandan timbunan tanah yang menutup jalan tersebut akhirnya bisa terbuka dan dapat dilalui oleh warga khususnya Dsn Tampingang   Rt.003 Rw.015 Desa Gelang.

Sulitnya alat berat masuk ke lokasi, membuat pembersihan material longsor dilakukan secara manual. Belasan anggota Polsek Sumberbaru yang dibantu karyawan PDP Sumberpandan diterjunkan ke lokasi untuk bekerja bakti dengan warga. Petugas hanya menggunakan cangkul dan sekop untuk memindahkan material longsor dari lokasi tertutupnya jalan tersebut.

“Kami hanya ingin membantu meringankan beban warga yang terkena tanah longsor ini,” kata Kapolsek Sumberbaru AKP SUBAGIYO,SH.(AR – Humas Polsek Sumberbaru)