Redaksi Polres Jember ; Dua tahun memimpin Kepolisian Resort Jember, AKBP. Kusworo Wibowo, S.H, S.I.K, M.H berhasil menorehkan catatan prestasi yang sangat gemilang. Harus diakui, berkat kepiawaian dan sentuhan tangan dinginnya dalam upaya mengelola kamtibmas, sehingga selama kepimpinannya, Kabupaten Jember, tercipta situasi aman dan kondusif. Disisi lain, Polres Jember juga berhasil dibawanya memperoleh penghargaan ” extra ordynary ” Suara Rakyat Jember selama dua tahun berturut- turut.

Menariknya lagi, selama 29 tahun terakhir, belum ada lembaga publik di Jember yang berhasil memperoleh penghargaan selama 2 Kali berturut – turut, karena dianggap sebagai institusi yang paling banyak menyelesaikan permasalahan warga Jember. Dan penilaian ini merupakan hasil polling masyarakat.

Suara Rakyat Award ini di berikan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Prosalina yang Ke – 29. Aga Suratno selaku redaktur senior di Prosalina FM secara langsung menyerahkan penghargaan itu kepada Kapolres Jember di Kantor Radio Prosalina, Jalan Karimata Kecamatan Sumbersari, Minggu (09/12/2018).

Sebelum penghargaan diberikan, Kapolres Jember juga sempat mengikuti Acara Live Talk Show selama satu jam lebih. Kapolres tak henti – hentinya menerima ucapan selamat, dan Polres Jember pun banjir apresiasi banyak pihak.

Menurut Pemred Prosalina, ada beberapa instansi yang masuk dalam nominasi ‘Suara Rakyat Jember’ Award tersebut. Diantaranya Dinas PU dan Pengairan, Cipta Karya, dan Dinas Kesehatan. “Namun dari polling yang kita lakukan, ternyata nilai terbanyak diraih oleh Polres Jember,” kata Ida. Salah satu poin yang menjadi penilaian tersebut adalah seberapa aktif dinas itu menjawab keluhan masyarakat.

Sementara Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo, S.H, S.I.K, M.H , mengaku bangga mendapat penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan itu diraih semata bukan karena dirinya saja. Melainkan kerja keras seluruh anggota Polres dan juga support masyarakat Jember. “Jadi penghargaan ini bukan hanya untuk Polres Jember, tapi juga masyarakat Jember,” kata Kapolres.

Menurutnya, selama ini pihaknya berupaya mengubah mindset masyarakat yang masih berpikiran negatif terhadap Institusi Kepolisian. “Sampai-sampai dulu tuh ada istilah kehilangan ayam, setelah lapor malah hilang kambing. Nah, ini yang ingin saya ubah, sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap polisi. Intinya, kita ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tegasnya

Tak heran, jika selama ini Kusworo dikenal sangat dekat dengan masyarakat. Bahkan saat ada persoalan yang menyangkut pelayanan Polres Jember, Kusworo selalu menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat.

“Jadi kita benar-benar terbuka. Bahkan, kita juga mengadakan program sarapan pagi bersama dengan berpindah-pindah tempat. Tujuannya, selain supaya lebih dekat dengan masyarakat, juga menjawab setiap keluhan seputar pelayanan Polres Jember. Penghargaan ini akan menjadi motivasi dan tantangan untuk terus menjaga kepercayaan masyarakat Jember” Pungkas Kapolres . ( Hadi_ Humas Jember)